Kamis, 08 September 2016

UMUM

Asal usul kecamatan Manisrenggo


Ada 2 versi tentang asal muasal nama kecamatan Manisrenggo versi yang pertama:
Pada masa sekitar tahun 1582, konon di desa tersebut juga menjadi tempat peristirahatan para permaisuri jelita saat terjadi pertempuran hebat antara Kerajaan Pajang melawan Mataram. Permaisuri tersebut, singgah di sebuah renggo (sejenis bangsal atau padepokan).

Lantaran kecantikan permaisuri itulah, banyak orang menyebut lokasi tersebut menjadi Manisrenggo, artinya renggo tempat permaisuri yang manis singgah. Ini adalah cerita masyarakat yang turun temurun, namanya saja asal usul, siapa saja boleh usul. Masalah kebenaranya perlu diteliti.


Sedangkan versi yang kedua menyebutkan bahawa dahulu di daerah Klewer (sekarang kecamatan Manisrenggo), banyak tumbuhan tebu beserta pabrik pengolahannya. Tebu dari daerah ini terkenal akan rasa manisnya hingga suatu saat Ratu dari Keraton Solo/ Surakarta dating ke daerah ini. Beliau ingin membuktikan akan rasa tebu yang terkenal akan manisnya. Setelah merasakan, kemudian beliau ( Ratu Solo) memberikan/ mengganti daerah yang dahulunya Klewer menjadi Manisrenggo yang mempunyai arti tebu manis. Namun nama Klewer tidak hilang, Klewer kini dijadikan tempat kantor Kecamatan Manisrenggo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar